Cara Cek NISN Secara Online


Perlu diketahui bahwa mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau Data Siswa secara online lewat internet adalah untuk mengetahui atau mengecek apakah NISN sudah sesuai dengan kebenaran data siswa? dan data tersebut harus sama antara Ijasah sebelumnya(SD,SMP,SMA), Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran.

Apabila data tidak sama dengan ijasah, Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga.
Jika data siswa tidak seseuai maka siswa atau orang tua siswa bisa cek/edit di  https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ Adapun data yang bisa diperbaiki di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ adalah data Nama Siswa, Tempat Tanggal lahir, Nama Ayah/Ibu dan NIK. Apabila sudah di edit maka berkas perubahan seperti Akte Kelahiran, Ijasah Sebelumnya dan Kartu keluarga diberikan kepada operator sekolah agar data tersebut bisa di Approve/di setujui oleh pihak sekolah.

Ada 7 tahapan singkat untuk pengguna mengecek nomor NISN siswa secara mandiri melalui situs server data Kemendikbud.

Yang perlu diperhatikan, isi kolom isian dengan data yang valid dan sesuai dengan profil diri pengguna. Setelah yakin, ikuti cara cek NISN siswa secara online berikut ini:

  1. Buka browser dan akses situs di alamat  https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, kemudian lengkapi data dalam kolom isian yang tersedia di sebelah kiri
  3. Isi kolom NISN dengan 10 digit yang dimiliki
  4. Isi nama lengkap ibu kandung pengguna
  5. Ketik kode captcha yang sesuai
  6. Untuk submit, maka klik tombol 'Cari data'
  7. Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan data dan NISN siswa


Apabila ada kesulitan hubungi operator dapodik masing-masing sekolah atau dapat dilihat di berbagai sumber online, misal youtube agar tidak ada kekeliruan.