OSN yuk, Siswa berKompetisi ‘Adu Otak’

Jakarta, - Mendiknas Bambang Sudibyo membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) VIII di Jakarta, Senin (3/8).

Olimpiade yang berlangsung pada, 3 – 9 Agustus itu diikuti 1.447 siswa dari berbagai provinsi di Indonesia, berlomba untuk menjadi siswa yang terbaik.
Bidang ilmu yang dilombakan pada OSN VIII tingkat SD/MI meliputi matematika dan IPA. Untuk SMP/MTs ada lomba matematika, fisika, dan biologi. Sedangkan lomba tingkat SMA/MA mencakup matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, ekonomi, dan kebumian.
“Menjadi juara OSN merupakan gengsi tersendiri bagi daerah, upaya persiapan dilakukan mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Semangat berkompetisi dibangun siswa agar mereka bisa mewakili sekolahnya dan para pemenang memiliki peluang yang besar untuk ikut serta dalam olimpiade internasional, “ kata Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Suyanto, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (31/7).
“Pengumuan pemenang akan digelar di JExpo, Kemayoran Jakarta pada 8 Agustus 2009,” kata Suyanto menandaskan.
Pelaksanaan OSN diharapkan dapat menciptakan suasana kompetisi yang sehat antar siswa, antarsekolah,dan antarprovinsi dibidang yang dilombakan. Selain itu, memacu peningkatan mutu siswa dan terjaringnya siswa yang unggul dibidang sains, serta terwujudnya kesadaran dikalangan siswa dan warga sekolah bahwa pembelajaran sains dapat menyenangkan dan mengasyikkan. Disamping itu, juga terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa di masa kini dan mendatang. (ALI) -Sidiknas-